Teknik Informatika ??

     Dilihat dari semakin berkembangnya teknologi informasi dan masih minimnya tenaga IT di Indonesia, jurusan Teknik infomatika banyak diminati di berbagai universitas baik negeri maupun swasta. Bahkan jurusan ini termasuk 10 jurusan paling diminati dengan grade yang sangat tinggi. Ada beberapa alasan siswa-siswi memilih jurusan ini setelah lulus dari sekolah menengah atas, diantaranya: lulusan dari jurusan ini akan banyak dibutuhkan di dunia kerja karena kebutuhan dan penggunaan teknologi yang semakin berkembang. selain itu lulusan dari jurusan ini dapat menciptaka lapangan pekerjaan, semisal wirausaha. mereka dapat membuat dan menjual program-program yang telah mereka buat. sebagai contoh jurusan teknik informatika, saya akan memaparkan profil jurusan IT di Universitas Muhammadiyah Malang. 

     Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang berdiri tahun 2005 dan betempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) III Universitas Muhammadiyah Malang. Dibawah Kepemimpinan Bapak Yuda Munarko, S.Kom., M.Sc jurusan teknik informatika memiliki visi dan misi sebagai berikut:


Visi:

menjadi jurusan yang unggul dan terdepan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang bermoral, berbudaya, dan bertaqwa pada Allah SWT.

Misi:

  1. menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dibidang teknologi informasi dan komunikasi yang berorientasi pada perkembangan terkini.
  2. menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terpadu
  3. melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan IPTEKS berdasarkan kebutuhan masyarakat
  4. melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi dibidang teknologi informasi dan komunikasi
 Adapun fasilitas yang disediakan untuk jurusan ini, diantaranya:

1. LABORATORIUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Tujuan dari Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Mata praktikum pada laboratorium rekayasa perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah meliputi :
  1. Pemrograman Tersetruktur
  2. Permrograman berbasis objek dengan Java
  3. Algoritma dan promrograman
  4. Rekayasa Perangkat Lunak.



2. LABORATORIUM JARINGAN INTRANET DAN INTERNET


Tujuan dari laboratorium Jaringan Intranet dan Internet adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang Jaringan Intranet dan Internet yang merupakan kompetensi keahlian yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika. Mata praktikum pada laboratorium Intranet dan Internet merupakan penunjang bagi matakuliah :
  1. Jaringan dan komunikasi data
  2. Pemrograman berbasis web,
  3. E-business.

3. LABORATORIUM SISTEM INFORMASI


Tujuan dari laboratorium Sistem Informasi adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang Sistem Informasi yang merupakan kompetensi keahlian yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika. Mata praktikum pada laboratorium Sistem Informasi merupakan penunjang bagi matakuliah :
  1. Struktur data
  2. Desain database
  3. Desain database terdistribusi
  4. Sistem informasi geografis.

4. LABORATORIUM SISTEM DAN ARSITEKTUR KOMPUTER


Tujuan dari laboratorium Sistem dan Arsitektur Komputer adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang Sistem dan Arsitektur Komputer yang merupakan kompetensi keahlian yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika. Mata praktikum pada laboratorium Sistem dan Arsitektur Komputer merupakan penunjang bagi matakuliah :
  1. Sistem operasi
  2. Organisasi dan Arsitektur Komputer
  3. Bahasa Assembly

5. LABORATORIUM DESIGN & APLIKASI MULTIMEDIA


Tujuan dari laboratorium Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis yang merupakan kompetensi keahlian yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan teknik informatika. Mata praktikum pada desain aplikasi multimedia merupakan penunjang bagi matakuliah :
  1. Grafika komputer
  2. Pengolahan Citra digital
  3. Desain dan aplikasi



Komentar

Postingan Populer